pidato pentingnya menuntut ilmu

Pentingnya Menuntut Ilmu
oleh hanif

Assalamualaikum Wr.Wb
       Puja dan puji syukur kehadirat Allah swt,yang telah memberikan taufik dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini. dan sholawat serta salam tak lupa kita haturkan kepada uswatun khasanah kita nabi agung Muhammad SWT,yang telah mengantarkan kita dari zaman jahiliyah hingga yaman terang benerang,dari zaman umar bin khatab hingga nurdin emtob.
       Mungkin saya di sini tidak akan berkata panjang karena panjang kali lebar sama dengan luas.
Betul ?........
       Saya di sini akan sedikit membahas tentang pentingnya menuntut ilmu.
Rosululah SAW bersabda “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”(HR.IbnuMajah,Baihaqi,dll)
Hadits Shahih ini menjelaskan dengan tegas kewajiban menuntut ilmu bagi setiap muslim yang telah
baligh. Ilmu yang dimaksud disini ialah ilmu din (ilmu agama), ilmu-ilmu agama yang wajib dituntut oleh
setiap muslim yaitu ilmu aqidah, ibadah, pengetahuan tentang halal dan haram, akhlak dan hal-hal yang
berkaitan dengan apa saja yang dia kerjakan di dunia ini. Ilmu inilah yang diminta oleh Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam do’anya.: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang
bermanfaat, dan aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat”. (Diriwayatkan oleh Ibnu
Majah No. 3843).
Saya pertanyai ya….. kenapa orang zaman sekarang malas membaca Al-Qur’an?
 Di karenakan beberapa hal yaitu:
1.     Karena orang suka Samsung yaitu sami sungkan atau sama-sama malu .
2.     Karena orang suka Nokia yaitu nek nyimak angop alias ngantuk.
3.  .  Karena orang suka Blacberry yaitu berkurange memori.
Nah…. Ini juga teman-teman mengapa generasi muda saat ini lebih suka berfoya-foya dari pada menuntut ilmu?
Ini di sebabkan karena terkena penyakit kuman. Apa itu kuman ? yaitu kurang iman
Biasanya kalau sudah terkena penyakit kuman maka akan terjangkit beberapa penyakit
di antaranya yaitu
1.       Kudis yaitu kurang di siplin
2.       Kutil yaitu kurang teliti
3.       Kurap yaitu kurang rapi
Untuk menghilangkan beberapa penyakit tersebut kita harus menggunakan 3 M.
Yaitu
 1. menguras kemalasan pada diri kita
 2. memasukkan rasa malu kita untuk berbuat maksiat
 3. mengubur dalam-dalam sifat yang buruk pada diri kita .
Nah dengan 3 M tersebut insyaallah kita akan terhindar dari dari berbagai penyakit di atas
Apabila ada sumur di ladang 
bolehkah saya menumpang mandi 
kalau umur saya panjang
bolehkah pertemuan yang akan datang saya pidato lagi 
Wassalamualaikum Wr.Wb