Cerita Rakyat


Cerita Rakyat
Legenda Pulau Kapal
            Dahulu kala, hidup sebuah keluarga yang tinggal di dekat sungai Cecuruk. Keluarga tersebut sangat miskin. Namun mereka tak pernah mengeluh. Keluarga tersebut mempunyai anak bernama si Kulup. Ia sangat senang membantu orang tuanya.
           Suatu ketika, ayah si Kulup pergi mencari rebung, tetapi sang ayah menemukan sebuah tongkat.“Aduhai tongkat apa ini? Jangan jangan ini tongkat sulaiman, wah….. saya mendadak jadi kaya!!!”batin pak kulup . pak  kulup pulang dengan perasaan was-was dan takut.Pak Kulup menyuruh anaknya menjual tongkat tersebut di negeri lain. Tak lama kemudian tongkat tersebut terjual dengan harga yang sangat mahal kemudian ia mendadak kaya.
             Setelah menjadi kaya si Kulup tak mau pulang ke rumah. Ia tetap merantau. Si Kulup dinikahkan dengan putri saudagar terkaya di negeri tersebut. Kemudian si Kulup dan istrinya disuruh mertuanya berniaga ke negeri lain.
              Saat berlayar si Kulup teringat kampung halamannya . Kedatangan si Kulup terdengar oleh kedua orang tuanya. Ketika mak Kulup melihat anaknya, mak Kulup langsung memeluk si Kulup. Si Kulup langsung mendorong ibunya sehingga ibunya terjatuh lalu berkata’’pergi!!! Aku tak punya orangtua seperti kalian yang miskin” bentak si Kulup marah. Mak Kulup pergi dari hadapan si saudagar kaya itu dengan perasaan sedih dan kesal lalu dia mengucapkan ‘’ kalau saudagar itu anakku si Kulup semoga kapal itu karam!!!”lalu pulang kerumahnya. Kemudian saudagar kaya itu kembali berlayar. Tak lama kemudian kapal itupun karam dan  muncul sebuah pulau yang berbentuk kapal, lalu diberi nama Pulau Kapal.



--------------------------TAMAT--------------------------