agrowisata strawberry banyuroto

Petik Strawberry di Banyuroto


Add caption
Agrowisata Banyu Roto merupakan salah satu wisata alam kota Magelang. Letaknya berdekatan dengan Ketep Pass dan memiliki panorama yang sama moleknya. Agrowisata Banyu Roto ini merupakan sebuah desa wisata yang menawarkan perkebunan buah strawberry dan juga beberapa kebun dengan hasil tanam lainnya seperti tembakau dan sayuran.
Desa Banyu Roto ini sendiri secara administratif teretak di kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah dengan letak geografis berada di kaki gunung Merbabu. Desa Banyu Roto terbagi-bagi menjadi unit yang lebih kecil lagi, yaitu beberapa dusun.
Namun, keseluruhan dari desa Banyu Roto ini masyarakatnya bertumpu pada sektor pertanian dan perkebunan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin langsung membeli hasil alam yang masih segar maupun memetik strawberry.
Mungkin jika anda berkunjung ke Magelang, anda hanya ingin menilik candi Borobudur yang sangat terkenal dan mendunia dengan gemanya sebagai salah satu keajaiban dunia yang merupakan warisan budaya bagi dunia menurut versi UNESCO.
Namun cobalah untuk mampir ke dinas pariwisata dan tanyakanlah tempat wisata lainnya yang dapat anda kunjungi,maka anda akan terkejut mendengar banyaknya tempat wisata alam, taman rekreasi, maupun peninggalan sejarah lainnya.

 

Magelang memang menyimpan potensi besar dalam bidang wisata, salah satunya adalah wisata Banyu Roto ini. Jika di Jawa Barat anda menemukan agrowisata Puncak, di Jawa Tengah ada Banyu Roto yang sekilas sama tapi beda.
Siapa tidak kenal buah Strawberry? Buah yang dapat anda petik langsung di perkebunan Banyu Roto ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi namun aman bagi lambung ini merupakan buah yang cantik rupanya.
Warnanya kemerahan dengan bentuk mirip hati yang montok dan kecil menjadi daya tarik tersendiri bagi si kecil yang suka gemes dengan bentuk buah yang imut ini. Khasiatnya yang beraneka ragam menjadi idola bagi segala usia untuk mengkonsumsinya.
Mulai dari menghilangkan jerawat, memutihkan kulit dan gigi, memanksimalkan fungsi otak, mencegah kanker, bahkan mencegah penuaan dini menjadikan buah ini menjadi buah yang dicari-cari masyarakat luas. Di desa wisata Banyu Roto ini, anda bisa memetik strawberry dan membelinya langsung, sehingga anda tidak khawatir strawberry anda sudah layu karena terlalu lama di jalan atau sudah dicampur bahan kimia agar tetap segar.
Spesialnya lagi, di desa Banyu Roto ini, buah strawberry yang dijual adalah buah strawberry dengan jenis California dan Festival sehingga rasanya tidak kecut melainkan manis dan segar. Memang, strawberry tidak bisa hidup di sembarang tempat. Buah imut warna merah ini hanya bisa tumbuh di dataran tinggi atau yang memiliki suhu udara sejuk sekitar 20 derajat celcius dengan kelembaban rata-rata.
Perkebunan strawberry yang menjadi daya tarik utama desa wisata Banyu Roto ini hanya ditanam di bagian bawah, dikhawatirkan jika ditanam di lereng gunung akan diambili buahnya oleh monyet-monyet. Di desa Banyu Roto ini, sekilo buah strawberry yang lezat di hargai 40.000 rupiah. Sementara produk olahan dari strawberry ini dijual dengan harga yang beragam tergantung jenisnya.
Selain adanya kebun buah strawberry yang beken ini, desa Banyu Roto memiliki perkebunan dari sektor hasil tanam lainnya. Diantaranya adalah tembakau, seledri, kol, kembang kol, tomat, kacang panjang, cabai, selada, dan lain-lain.
Tembakau disini juga merupakan tembakau yang oke, sebab di desa Banyu Roto ini tembakau yang dihasilkan memiliki kadar nikotin yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kadar nikotin yang diperoleh dari tanaman tembakau yang ditanam di dataran rendah. Tentunya, tembakau yang berasal dari wilayah ini harganya menjadi lebih mahal dari tembakau yang biasanya dinilai dari kualitasnya.
Sementara itu, perkebunan sayuran yang ada disini memberikan anda kenyamanan untuk memilih sendiri sayuran yang ingin anda beli langsung dari kebunnya, sehingga masih terjamin kesegarannya. Bagi anda yang ingin menanam sendiri di rumah, disini pun djual bibit dari tanaman-tanaman seperti strawberry dan sayur mayur yang sudah di pisahkan dalam pot-pot kecil dengan harga mulai dari 7.500 rupiah. Sangat terjangkau bagi kantung anda bukan?
Jika anda kemari tak puas hanya sehari karena pemandangannya begitu indah dan udaranya begitu segar, anda bisa menikmatinya dengan menginap di bumi perkemahan di area desa wisata Banyu Roto ini. Bumi perkemahan dengan luas area kurang lebih 3000 meter kubik ini merupakan salah satu fasilitas yang diolah untuk menarik pengunjung untuk menikmati wilayah dengan panorama alam menakjubkan dengan udara yang sangat sejuk dan asyik.
Tak hanya anak-anak pramuka maupun pecinta alam yang datang untuk melakukan kemping disini, tapi juga beberapa pengunjung dengan rombongan yang datang dari jauh untuk melakukan makrab untuk berjauh-jauhan dari kesumpekan kota yang padat juga polusi udara yang jahat.
Bumi perkemahan ini dikelilingi oleh pohon-pohon pinus yang berwarna kemerahan pada dahan kayunya karena terkena jamur. Disini, anda juga bisa mengunjungi candi Rebo yang konon belum terekspose dengan baik.
Candi yang unik karena dibangun dari kerikil ini menjadi sebuah daya tarik yang baru karena terdiri dari 3 candi dan masih ada satu candi lagi yang belum terekspose karena masih dalam proses pembersihan dan pemeliharaan.
Banyu Roto menyimpan sejuta pesona, rasanya tak lengkap jika anda ke Magelang tidak mengunjunginya. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk datang kemari bersama dengan keluarga atau dengan teman-teman agar anda bisa merelaksasi tubuh anda yang penat.
Jika anda takut masuk angin, bawalah sweater atau pakaian hangat lainnya, juga minyak angin untuk berjaga-jaga.