Judul                   : Self Development
Penulis.               : Dr. Ngainun Naim
Tahun terbit         : 2016
Penerbit               : Lentera Kreasindo
Cetakan ke           : II
tebal buku.           : xii + 220 halaman
Panjang.               : 205 mm
Lebar                   : 145 mm



           Novel ini adalah novel yang bertema Motifasi,yang dikhususkan untuk membawa pembacanya termotifasi secara sosial dan spiritual. Dr. Ngainun Naim merupakan seorang penulis. Di buku maupun di blog nya. Baginya, menulis bukan sekedar hobi. Tapi sedekah ilmu. Ia bercita - cita menjadi seorang penulis produktif karena telah didukung oleh keluarganya.

Buku lain yang membahas dengan tema yang sama, belum tentu sebagus buku karya Dr. Ngainun Naim ini. Karena, didalamnya banyak pengertian - pengertian menurut para ahli.

Keunikan buku ini terletak pada penyajian tulisan miring. Tulisan miring letaknya sangat tepat. Sehingga memudahkan pembaca menemukan inti paragraf.
Buku ini terkesan nyaman dipandang kasat mata. Cover dengan warna biru yang bagus, membuatnya menarik perhatian.

Apa itu potensi diri? Untuk apa? Bagaimana cara mengenalinya? Bagaimana cara meraih kesuksesan? Buku ini solusinya. Didalamnya dibahas secara menyeluruh.

Pembahasan dimulai dari signifikansi self development. Manusia hidup dalam situasi yang dinamis dan siap menghadapi perubahan. Mulai dari perubahan individu sampai organisasi. Oleh karena itu, kita harus belajar. Hidup merupakan sebuah proses bukan secara instan.

Kompetensi merupakan kunci globalisasi yang harus diwaspadai. Melalui kompetensi kemajuan akan terbentuk dan kesuksesan. Kompetensi diawali dari belajar. Dengan belajar, kita bisa mengubah keterbatasan dan kemampuan kita. Bukan hanya belajar, namun peebanyaklah motivasi positif dan bimbinglah dalam kebaikan.

Potensi adalah suatu kemampuan yang dapat dikembangkan. Karena sukses itu dimulai dari potensi diri sendiri. Sukses dimulai dari akhlak. Tanpa akhlak, sukses itu tidak mulia.

Integritaskan kebulatan, keutuhan, jujur dan amanah. Integritas dibentuk melalui pengetahuan dan kesabaran. Seorang yang sukses pasti memiliki kesabaran yang tinggi. Syukuri apa yang ada, hargai orang lain, pahami perbedaan, sadari kehadiran orang lain dan bersosialisasilah. Itu akan membuat rasa nyaman dan rukun.

Maafkanlah orang lain. Memaafkan akan menghasilkan kehidupan yang harmonis. Hati adalah sumber kehancuran bila saling benci. Apalagi iri. Iri akan membuatmu sengsara jika dilampiaskan dalam perilaku yang buruk.

Sebarkanlah energi positif. Energi ini akan menghasilkan manusia yang berkarakter. Jangan lupakan spiritual. Hati adalah suatu "processor" yang mampu mengangkat anggota badan baik lahir maupun batin agar menjadi kuat. Jadikanlah hidup ini bermakna yang menjadikan esensi sekaligus tujuan hidup. Kesuksesan tidak akan lepas dalam aspek spiritual. Kekuatan doa mampu mengubah nasib. Kecerdasan spiritual merupakan suatu kunci agar doa - doa yang dipanjatkan terkabul.

Keunggulan buku ini terletak pada penyajian tulisan miring yang tepat. Teori - teori yang ada didalamnya merupakan teori dari para ahli yang akan membuat pembaca terinovasi dan termotivasi. Dengan ukuran 145 X 205 mm, buku ini mudah dibawa kemana saja bisa dibaca kapanpun dan dimanapun. Bahasanya pun juga mudah dipahami setiap ada istilah asing, akan dibahas secara detail didalamnya.

Kelemahan buku ini terletak pada jenis font yang kurang menarik. Jenis font dapat mempengaruhi semangat membaca. Setiap halaman, hanya putih polos warna kertas dan tulisan dengan tinta hitam. Tiada hiasan ataupun bingkai di setiap lembarnya.

Kesimpulannya, dengan harga Rp. 30.000,- kita bisa memiliki buku ini. Cocok bagi anak muda sebagai bekal untuk menggali dan memotifasi diri. Ukuran buku yang bersahabat, akan memudahkan kita membaca kapanpun dam dimanapun. Meski dengan font standar dan tanpa hiasan per lembar, kita tidak akan mudah bosan. Karena penggunan tulisan miring yang tepat membuat kita mudah menemukan inti paragraf.